FUNSI FUNGSI MS.EXCEL

Operator data dan beberapa fungsi di  Microsoft Excel

•      Operator ( ) memiliki fungsi mengelompokkan operasi matematika.

•      Operator * dan / memiliki fungsi perkalian dan pembagian.

•      Operator + dan – memiliki fungsi penjumlahan dan pengurangan.

•      Operator ^ memiliki fungsi perpangkatan

•      Operator % memiliki fungsi persen.

•      Operator & memiliki fungsi menggabungkan dua data teks.

Mengatur Lebar Kolom

•      Mengatur Lebar Kolom Menggunakan Mouse

① Arahkan pointer mouse pada batas kanan kolom yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi tanda panah dua arah.

Catatan : Bila ingin mengubah lebar sederet kolom, terlebih dahulu bloklah kolom yang akan diubah lebarnya, kemudian tempatkan pointer mouse ke batas kanan salah satu kolom tersebut.

② Klik tombol kiri mouse, dan sambil terus menekan mouse geser(drag)-lah mouse hingga lebar kolom sesuai yang diinginkan.

•      Mengatur Lebar Kolom Sesuai Data Terpanjang

① Arahkan pointer mouse pada batas kanan huruf kolom yang akan diubah lebarnya.

② Klik dua kali pada batas kolom. Lebar kolom akan mengikuti data terpanjang yang ada pada kolom

Mengatur Format Tampilan Huruf

① Format Melalui Perintah di Baris Menu

a. Sorot sel atau range yang akan anda format

b. Pilih dan klik menu Format(O), Cells (CTRL+1), dan kotak dialog Format Cells akan ditampilkan

c. Pada kotak dialog Format Cells tersebut, klik tab Font.

d. Tambahkanlah efek khusus yang diinginkan pada teks dan klik OK.

② Format Melalui Toolbar

Jenis Perintah            Keterangan Fungsi

Text Font       Memilih

bentuk

huruf (font)

Font Size        Mengubah

ukuran huruf

(size)

Bold                Menampilkan                                      huruf tebal

Italic                Menampilkan huruf miring                             (italic)

Underline       Memberi garis bawah                          (underline)

Font Color     Memilih warna huruf (font color)

(bold)

Mengatur Tinggi Baris & Mengatur Format Tampilan Huruf

1.      Mengatur Tinggi Baris

•      Arahkan pointer mouse pada batas bawah baris yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi tanda panah dua arah.

Catatan : Bila ingin mengubah tinggi sederet baris, terlebih dahulu bloklah baris yang akan diubah tingginya, kemudian tempatkan pointer mouse ke batas bawah salah satu baris tersebut.

•      Klik tombol kiri mouse, dan sambil terus menekan mouse, geser(drag)-lah mouse hingga tinggi baris sesuai yang diinginkan.

2.      Mengatur Format Tampilan Huruf

•      Data yang ketikkan pada lembar kerja dapat ditampilkan dengan berbagai bentuk untuk memudahkan dan membuat variasi dalam lembar kerja anda. Bentuk huruf (font), ukuran huruf (size), garis bawah (underline), warna huruf (color) dan efek khusus lainnya dapat anda tambahkan dalam data anda.

•      Dua cara dalam melakukan format huruf dapat ditempuh melalui perintah yang ada di baris menu dan toolbar.

FUNGSI FUNGSI RUMUS

1. fungsi Sum :

Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

2. Fungsi Average :

Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,

penulisannya : =average(number1,number2,…)

3. Fungsi Max :

Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

4. Fungsi Min:

Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

5. fungsi Count :

Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih

6. Fungsi Stedev :

Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)

7. Fungsi Var :

Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

Meratakan Tampilan Data

1)      Meratakan Data dengan Peintah di Baris Menu

a.       Sorotlah sel atau range yang akan anda ubah tampilan datanya

b.      Pilih dan klik menu Format(O), Cells (CTRL+1) dan kotak dialog Format Cells akan ditampilkan

c.        Pada kotak dialog tersebut, klik tab Alignment

d.       Lakukan pemilihan sesuai keinginan anda pada kotak :

•      Vertical : digunakan untuk memilih perataan secara vertical. Pilihan yang dapat dilakukan adalah Top (rata atas), Center (rata tengah), Bottom (rata bawah), Justify (seluruh data ditampilkan pada sel secara penuh). •

•      Horizontal  : beberapa pilihan yang dapat dilakukan adalah  contohnya :

Ø  General           : Huruf ditampilkan rata kiri dan angka rata kanan

Ø  Left                 : Data ditampilkan rata kiri

Ø  Center             : Data ditampilkan rata tengah

Ø  Right               : Data ditampilkan rata kanan

Ø  Fill                   : Mengisi seluruh sel dengan mengulang data

Ø  Justify             : Data ditampilkan pada sel secara penuh

Ø  Center Acros : Data ditampilkan di tengah2 beberapa kolom.

Ø  Orientation     : untuk mengatur orientasi & derajat kemiringannya.

e.       Klik OK

2)      Menambahkan Garis Pembatas Pada Bingkai

① Sorotlah sel atau buatlah range, tempat yang akan diberi bingkai

② Pilih dan klik menu Format(O), Cells (CTRL+1). Lalu klik tab border. Kotak

dialog akan tampil seperti di bawah ini.

③ Pada bagian Presets, pilih dan klik salah satu tombol berikut :

•      None, digunakan untuk menghapus garis pembatas dan bingkai

•      Outline, digunakan untuk membuat bingkai disekeliling sel atau range

•      Inside, digunakan untuk membuat garis pembatas didalam range

④ Pada bagian Border, pilih dan klik garis pembatas yang diinginkan

⑤ Pada kotak pilihan Style, pilih jenis garis yang diinginkan

⑥ Pada kotak pilihan Color, pilihlah jenis warna yang diinginkan

⑦ Gambar di bagian border adalah preview bingkai atau garis pembatas yang telah anda set. Klik OK bila sudah selesai.

Menysipkan Sel, Baris, dan Kolom

Kadangkala kita perlu untuk menyisipkan baris atau kolom

karena saat memasukkan/mengetikkan data, ternyata ada

data2 yang terlewat. Langkah2 yang dapat ditempuh adalah seperti

berikut ini :

① Sorotlah sel, atau buatlah range tempat sel, baris atau kolom baru akan disisipkan

② Pilih dan klik di baris menu :

•      Insert, Rows untuk menyisipkan baris baru

•      Insert, Column untuk menyisipkan kolom baru

•      Insert, Cells untuk menyisipkan sel baru

Menghapus Sel, Baris atau Kolom

Selain data yang terlewat, terkadang kita juga menemukan data2 yang mengalami

penulisan dua kali. Untuk yang semacam ini, untuk memperbaiki penulisan data dapat

ditempuh dengan menghapus sel, baris ataupun kolom.

① Sorot sel atau range tempat sel, baris atau kolom yang akan dihapus

② Pilih dan klik menu Edit, Delete. Kotak dialog Delete akan ditampilkan

③ Pilih dan klik salah satu pilihan berikut ini :

•      Shift cells left, digunakan untuk menghapus isi sel atau range yang anda sorot dan menggantinya dengan data pada baris sama di sebelah kanannya.

•      Shift cells up, digunakan untuk menghapus isi sel atau range yang anda sorot dan menggantinya dengan data pada kolom sama di sebelah bawahnya

•      Entire row, digunakan untuk menghapus seluruh baris pada sel atau range yang anda sorot

•      Entire column, digunakan untuk menghapus seluruh kolom pada sel atau range yang anda sorot

④ Klik OK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s